Laporam
1. Pengertian laporan
Laporan adalah bentuk penyajian dari suatu fakta mengenai ahal yang berkenaan terhadap keadaan ataupun suatu kegiatan.
2. Kegunaan laporan
1. Menjadikan dasar penentu kebijakan
2. Menjadi bahan untuk penyusunan rencana
3. Bisa mengetahui perkembangan dan proses dari peningkatan kegiatan
4. Sebagai sumber informasi
3. Sistematika laporan
Laporan lengkap yang lengkap harus dapat menjawab semua pertanyaan mengenai what (apa) , mengapa (why) , siapa (who) , dimana ( where) , kapan (when) , bagaimana (how). Urutan isi laporan :
* Pendahuluan
a. Latar Belakang kegiatan
b. Dasar Hukum Kegiatan
c. Apa maksud dan tujuan kegiatan
d. Ruang lingkup isi laporan
2. Isi laporan
* Isi Laporan
a. Jenis kegiatan
b. Tempat dan waktu kegiatan
c. Petugas kegiatan
d. Persiapan dan rencana kegiatan
e. Peserta kegiatannya
f. Kesulitan dan hambatan
g. Kesimpulan dan saran
*Penutup
Pada kegiatan ini ditulis ucapan terimakasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu.
4. Teknik menyusun laporan
- Isi Laporan singkat dan padat
- Isi Laporan runtut atau sistematis
- Isi laporan mudah dipahami
- Isi Laporan lengkap
- isi Laporan menarik penyajiannya
5. Praktek menyusun Laporan
1. Memilih Topik
Topik dalam hal ini bisa ditentukan Oleh Dosen/Guru atau pihak lainnya , bisa juga pilih sendiri untuk melakukan sebuah penelitian
2. Melakukan penelitian atau kegiatan
Selain melakukan penelitian atau kegiatan , kamu juga harus mencari berbagai refrensi yang berhubungan dengan topik kamu.
3. Buat Kerangka Laporan
Kerangka laporan berisi sekumpulan gagasan utama yang menggambarkan inti dari laporan yang kamu buat.
4. Menulis laporan
Setelah membuat kerangka laporan , sekarang saatnya kamu menulis laporan .
Jangan lupa tulis laporan dengan struktur yang baik dan benar.
5. Menyunting Laporan
Setelah selesai menulis laporan jangan lupa mengeceknya terlebih dahulu.
Perhatikan setiap kalimat dan kata
Perhatikan apakah terdapat kesalahan penulis s atau kesalahan ejaan.
6. Kesimpulan
Selain melakukan penelitian atau kegiatan , kamu juga harus mencari berbagai refrensi yang berhubungan dengan topik kamu.
3. Buat Kerangka Laporan
Kerangka laporan berisi sekumpulan gagasan utama yang menggambarkan inti dari laporan yang kamu buat.
4. Menulis laporan
Setelah membuat kerangka laporan , sekarang saatnya kamu menulis laporan .
Jangan lupa tulis laporan dengan struktur yang baik dan benar.
5. Menyunting Laporan
Setelah selesai menulis laporan jangan lupa mengeceknya terlebih dahulu.
Perhatikan setiap kalimat dan kata
Perhatikan apakah terdapat kesalahan penulis s atau kesalahan ejaan.
6. Kesimpulan
Komentar
Posting Komentar