Membuat Resume LAPORAN
PENGERTIAN LAPORAN
Laporan adalah suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang Pemuda pancasila.
KEGUNAAN LAPORAN
1. Sebagai pertanggung jawaban kepada atasan atas apa yang telah kita lakukan maupun uang yang telah kita gunakan.
2. Sebagai dokumen yang dapat dijadikan bahan studi dan perbandingan orang lain.
3. Sebagai sumber pengalaman bagi orang lain, jika akan melakukan hal yang serupa.
4. Melatih kecermatan dan selalu bertujuan.
MACAM MACAM LAPORAN
Berikut ini macam-macam laporan menurut bentuknya:
-Laporan dalam bentuk formulir
-Laporan dalam bentuk sura
-Laporan dalam bentuk memorandum (memo)
-Laporan dalam bentuk naskah
-Laporan dalam bentuk buku
SISTEMATIKA LAPORAN
Urutan isi laporan sebaiknya diatur, sehingga penerima laporan dapat mudah memahami. Urutan isi laporan antara lain sebagai berikut :
1. Pendahuluan
Pada pendahuluan disebutkan tentang :
1) Latar belakang kegiatan.
2) Dasar hukum kegiatan.
3) Apa maksud dan tujuan kegiatan.
4) Ruang lingkup isi laporan.
2. Isi Laporan
Pada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :
1) Jenis kegiatan.
2) Tempat dan waktu kegiatan.
3) Petugas kegiatan.
4) Persiapan dan rencana kegiatan.
5) Peserta kegiatan.
6) Pelaksanaan kegiatan (menurut bidangnya, urutan waktu pelaksanaan, urutan fakta / datanya).
7) Kesulitan dan hambatan. 8) Hasil kegiatan.
9) Kesimpulan dan saran penyempurnaan kegiatan yang akan datang.
3. Penutup
Pada kegiatan ini ditulis ucapan terima kasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu, dan permintaan maaf bila ada kekurangan-kekurangan. Juga dengan maksud apa laporan itu dibuat.
TEKNIK MENYUSUN LAPORAN
-Isi laporan singkat dan padat
-Isi laporan runtut atau sistematis
-Isi laporan mudah dipahami
-Isi laporan lengkap
-isi laporan menarik penyajiannya
-isi laporan berpegangan pada fakta, data, persoalannya
-penyajiannya tepat waktu
PRAKTEK MENYUSUN LAPORAN
1. Memilih Topik
Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat laporan tentunya adalah memilih sebuah topik.
Topik dalam hal ini bisa ditentukan oleh guru/dosen atau pihak lainnya, bisa juga merupakan topik yang kamu pilih sendiri untuk melakukan sebuah penelitian atau kegiatan.
Jika kamu memilih topik kamu sendiri, usahakan untuk memilih topik yang kamu sukai atau kamu kuasai.
Jika topik sudah ditentukan oleh guru/dosen, pastikan kamu memahami syarat dan ketentuan yang telah diberikan.
2. Melakukan Penelitian/Kegiatan
Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah melakukan sebuah penelitian atau kegiatan yang sesuai dengan topik tersebut.
Selain melakukan penelitian atau kegiatan, kamu juga harus mencari berbagai referensi yang berhubungan dengan topik yang kamu pilih.
Hal tersebut nantinya akan membantu kamu dalam menulis dan melengkapi isi dari laporan yang akan kamu buat.
3. Buat Kerangka Laporan
Setelah kedua hal di atas kamu lakukan, sekarang saatnya untuk membuat kerangka laporan.
Kerangka laporan berisi sekumpulan gagasan utama yang menggambarkan inti dari laporan yang kamu buat.
Misalnya, jika kamu membuat sebuah laporan kegiatan KKN, maka kamu bisa menulis terlebih dahulu gagasan utamanya
Pembuatan kerangka ini bertujuan untuk mempermudah pengaturan dan penyusunan laporan yang akan kamu buat.
4.Menulis Laporan
Setelah membuat kerangka, sekarang saatnya kamu mulai menulis laporan
Jangan lupa, tulis laporan dengan struktur yang baik dan benar.
Mulailah menulis dari bagian pendahuluan sampai dengan penutup.
Untuk menulis laporan, gunakanlah kalimat yang jelas serta berdasarkan data dan fakta yang ada.
Perhatikan juga format laporan jika sebelumnya telah ditentukan oleh guru/dosen kamu.
5. Menyunting Laporan
Setelah selesai menulis laporan, jangan lupa untuk mengeceknya terlebih dahulu.
Perhatikan setiap kalimat dan kata. Perhatikan apakah terdapat kesalahan penulisan atau kesalahan ejaan.
Jika terdapat kesalahan, segera sunting bagian tersebut agar laporan bisa segera kamu publikasikan, entah itu dikumpulkan dalam bentuk cetak (hardcopy) atau file (softcopy).
6.Kesimpulan
PENGERTIAN LAPORAN
Laporan adalah suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang Pemuda pancasila.
KEGUNAAN LAPORAN
1. Sebagai pertanggung jawaban kepada atasan atas apa yang telah kita lakukan maupun uang yang telah kita gunakan.
2. Sebagai dokumen yang dapat dijadikan bahan studi dan perbandingan orang lain.
3. Sebagai sumber pengalaman bagi orang lain, jika akan melakukan hal yang serupa.
4. Melatih kecermatan dan selalu bertujuan.
MACAM MACAM LAPORAN
Berikut ini macam-macam laporan menurut bentuknya:
-Laporan dalam bentuk formulir
-Laporan dalam bentuk sura
-Laporan dalam bentuk memorandum (memo)
-Laporan dalam bentuk naskah
-Laporan dalam bentuk buku
SISTEMATIKA LAPORAN
Urutan isi laporan sebaiknya diatur, sehingga penerima laporan dapat mudah memahami. Urutan isi laporan antara lain sebagai berikut :
1. Pendahuluan
Pada pendahuluan disebutkan tentang :
1) Latar belakang kegiatan.
2) Dasar hukum kegiatan.
3) Apa maksud dan tujuan kegiatan.
4) Ruang lingkup isi laporan.
2. Isi Laporan
Pada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :
1) Jenis kegiatan.
2) Tempat dan waktu kegiatan.
3) Petugas kegiatan.
4) Persiapan dan rencana kegiatan.
5) Peserta kegiatan.
6) Pelaksanaan kegiatan (menurut bidangnya, urutan waktu pelaksanaan, urutan fakta / datanya).
7) Kesulitan dan hambatan. 8) Hasil kegiatan.
9) Kesimpulan dan saran penyempurnaan kegiatan yang akan datang.
3. Penutup
Pada kegiatan ini ditulis ucapan terima kasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu, dan permintaan maaf bila ada kekurangan-kekurangan. Juga dengan maksud apa laporan itu dibuat.
TEKNIK MENYUSUN LAPORAN
-Isi laporan singkat dan padat
-Isi laporan runtut atau sistematis
-Isi laporan mudah dipahami
-Isi laporan lengkap
-isi laporan menarik penyajiannya
-isi laporan berpegangan pada fakta, data, persoalannya
-penyajiannya tepat waktu
PRAKTEK MENYUSUN LAPORAN
1. Memilih Topik
Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat laporan tentunya adalah memilih sebuah topik.
Topik dalam hal ini bisa ditentukan oleh guru/dosen atau pihak lainnya, bisa juga merupakan topik yang kamu pilih sendiri untuk melakukan sebuah penelitian atau kegiatan.
Jika kamu memilih topik kamu sendiri, usahakan untuk memilih topik yang kamu sukai atau kamu kuasai.
Jika topik sudah ditentukan oleh guru/dosen, pastikan kamu memahami syarat dan ketentuan yang telah diberikan.
2. Melakukan Penelitian/Kegiatan
Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah melakukan sebuah penelitian atau kegiatan yang sesuai dengan topik tersebut.
Selain melakukan penelitian atau kegiatan, kamu juga harus mencari berbagai referensi yang berhubungan dengan topik yang kamu pilih.
Hal tersebut nantinya akan membantu kamu dalam menulis dan melengkapi isi dari laporan yang akan kamu buat.
3. Buat Kerangka Laporan
Setelah kedua hal di atas kamu lakukan, sekarang saatnya untuk membuat kerangka laporan.
Kerangka laporan berisi sekumpulan gagasan utama yang menggambarkan inti dari laporan yang kamu buat.
Misalnya, jika kamu membuat sebuah laporan kegiatan KKN, maka kamu bisa menulis terlebih dahulu gagasan utamanya
Pembuatan kerangka ini bertujuan untuk mempermudah pengaturan dan penyusunan laporan yang akan kamu buat.
4.Menulis Laporan
Setelah membuat kerangka, sekarang saatnya kamu mulai menulis laporan
Jangan lupa, tulis laporan dengan struktur yang baik dan benar.
Mulailah menulis dari bagian pendahuluan sampai dengan penutup.
Untuk menulis laporan, gunakanlah kalimat yang jelas serta berdasarkan data dan fakta yang ada.
Perhatikan juga format laporan jika sebelumnya telah ditentukan oleh guru/dosen kamu.
5. Menyunting Laporan
Setelah selesai menulis laporan, jangan lupa untuk mengeceknya terlebih dahulu.
Perhatikan setiap kalimat dan kata. Perhatikan apakah terdapat kesalahan penulisan atau kesalahan ejaan.
Jika terdapat kesalahan, segera sunting bagian tersebut agar laporan bisa segera kamu publikasikan, entah itu dikumpulkan dalam bentuk cetak (hardcopy) atau file (softcopy).
6.Kesimpulan
Komentar
Posting Komentar